Senin, 08 Oktober 2012

Tiga Hektare Lahan Disiapkan untuk Depo Pertamina

Rabu, 24 November 2010 03:42 WITA | Sulbar


Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk membangun depo Pertamina guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah itu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sulbar Thamrin Syakur di Mamuju, Selasa, mengatakan, lahan yang disiapkan pemerintah di Sulbar untuk membangun depo pertamina itu berada di kawasan areal Pelabuhan Belang Belang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

"Besok pemerintah di Sulbar bersama dengan Pertamina serta badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Sulbar akan meninjau lahan itu untuk mengetahui kelayakannya," katanya.

Menurut dia, depo Pertamina akan dibangun di Sulbar atas kerja sama pemerintah di Sulbar melalui BUMD Sulbar dengan Pertamina.

"Telah dibuat kesepakatan antara BUMD Sulbar dengan Pertamina untuk membangun depo di Sulbar, lokasinya di Pelabuhan Belang Belang Mamuju karena dianggap strategis," katanya.

Thamrin mengatakan, pembangunan depo Pertamina di areal kawasan Pelabuhan Belang Belang Mamuju akan memudahkan pengisian BBM di depo Pertamina dari kapal pengakut BBM.

Ia menyampaikan pemerintah di Sulbar berkeinginan membangun depo Pertamina untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah ini.

Menurut dia, selama ini pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Provinsi Sulbar masih terkendala oleh lemahnya pasokan BBM ke wilayah ini karena BBM di Sulbar masih dipasok dari Depo Pertamina Pare-Pare, Provinsi Sulsel.

"Pasokan BBM untuk industri di wilayah ini terkadang tidak lancar sehingga menghambat laju pembangunan, itulah sebabnya Pemerintah Sulbar ingin membangun depo Pertamina sendiri," katanya.

Ia mengatakan, depo Pertamina yang merupakan salah satu infrastruktur mendukung pertumbuhan ekonomi pembangunan juga sangat penting dalam memasok kebutuhan industri penggerak ekonomi di daerah ini.(T.KR-MFH/N002)
COPYRIGHT © 2010