Rabu, 17 Oktober 2012

Pembangunan Depo Pertamina Sulbar Dilaksanakan 2013

Jumat, 28 September 2012  | Sulbar



Mamuju, (ANTARA News) - Pembangunan Depot Pertamina di Mamuju, Sulawesi Barat, diperkirakan mulai terlaksana pada awal 2013.

"Rencana pembangunan Depo Pertamina di Mamuju ini menghadapi banyak hambatan karena harus mengacu pada kriteria yang dikehendaki oleh pihak Pertamina. Jika tidak salah sekitar empat kali kami gagal mendapatkan lahannya," kata Direktur Utama BUMD Sulbar Harry Warganegara di Mamuju, Jumat.


Harry Warganegara

Menurutnya, pembangunan Depo Pertamina ini akan ditempatkan areal kawasan pembangunan dermaga pelabuhan laut di Belang-Belang, sekitar 50 kilometer dari Kota Mamuju.

"Saat ini dalam tahap pematangan lahan dan diperkirakan proses pembangunan fisik antara akhir tahun dan awal 2013,"kata Harry.

Semula pembangunan Depot Pertamina di Mamuju kata dia, akan dimulai pada awal tahun 2011, namun setelah ada lahan yang siap lagi-lagi pihak pertamina menganggap tidak cocok dengan berbagai pertimbangan teknis lainnya.

Bukan hanya itu kata dia, mahalnya harga pembebasan lahan juga salah satu kendala akibat masyarakat menjual harga tinggi di luar ketentuan harga Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP).

Harry yang juga ketua Kadinda Sulbar ini menyampaikan, setelah depot Pertaminan ini beroperasi jelas akan memberikan pendapatan untuk daerah ini.

"Kami dari BUMD hanya berperan aktif melakukan kerjasama dengan pihak swasta. Nantinya, akan dilakukan sistem bagi hasil sehingga kami prediksi Depot Pertamina ini baru bisa memberikan kontribusi pendapatan di 2013 mendatang,"ujarnya.

Ia menyampaikan, sebagai provinsi yang otonom sudah sepantasnya daerah ini memiliki depot Pertamina sendiri guna memberikan pelayanan yang lebih cepat terhadap konsumen yang membutuhkan BBM.

"Pembangunan Depot Pertamina adalah sebuah keharusan sebagai provinsi yang otonom. Apalagi, pertumbuhan kendaraan yang begitu cepat harus diimbangi dengan tersedianya pasokan BBM termasuk bahan bakar avtur pesawat terbang," kata dia.

Dikatakannya, kelangkaan BBM yang terkadang mewarnai sejumlah SPBU di Sulbar diantaranya SPBU Kabupaten Polewali Mandar, Majene, Mamasa, Mamuju Utara dan Mamuju terkadang mengalami kelangkaan BBM.

"Kelangkaan BBM karena terlambatnya pasokan dari depot Pertamina Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Makanya, jika depo itu terbangun pelayanan BBM setiap SPBU tidak lagi akan terhambat," katanya.(T.KR-ACO/C/N002/N002)




COPYRIGHT © 2012