Senin, 08 Oktober 2012

Sulbar Butuh Depo Pertamina untuk Mendukung Industri

Jumat, 20 Agustus 2010 06:58 WITA | Sulbar



Mamuju (ANTARA News) - Depo Pertamina sangat dibutuhkan dibangun di Provinsi Sulawesi Barat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di bidang industri serta peningkatan pembangunan lainnya yang ada di wilayah itu.

Gubernur Provinsi Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Jumat, mengatakan, selama ini pertumbuhan ekonomi di bidang industri maupun peningkatan pembangunan lainnya yang ada di wilayah Provinsi Sulbar, masih terkendala dengan lemahnya pasokan BBM ke wilayah ini.


Anwar Adnan Saleh

Oleh karena itu, Gubernur melanjutkan, pembangunan Depo Pertamina di Provinsi Sulbar harus secepatnya direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya diraih daerah ini dapat terus ditingkatkan.

"Sulbar merupakan daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 15,1 persen, hendaknya itu dipertahankan dan ditingkatkan," katanya.

Caranya, kata Gubernur, dengan memenuhi sejumlah infrastruktur yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi pembangunan diantaranya seperti Depo Pertamina untuk memasok kebutuhan industri penggerak ekonomi daerah.

Gubernur mengatakan, sebelumnya Pertamina telah bersepakat membangun Depo Pertamina di Sulbar, agar pasokan BBM untuk kebutuhan di Sulbar dapat menjadi lancar dan menunjang pertumbuhan ekonomi dan industri di wilayah itu.

Beberapa lokasi di Provinsi Sulbar telah disurvei untuk membangun Depo Pertamina seperti Desa Belang Belang, dan Desa Papalang Kabupaten Mamuju, serta di Rangas, Kabupaten Majene.

Namun, kata Gubernur Depo Pertamina yang akan dibangun di Sulbar belum terealisasi hingga saat ini sehingga cukup mempengaruhi percepatan daerah ini.

Gubernur meminta kepada Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar dapat kembali berkoordinasi dengan Pertamina untuk mempercepat realisasi pembangunan Depo di Sulbar.

"Saya minta agar Dinas ESDM di Sulbar segera berkoordinasi kembali dengan Pertamina untuk mempercepat pembangunan Depo Pertamina di Sulbar ini," katanya.

Ia mengatakan, jika Depo Pertamina di Sulbar dibangun maka industri yang ada di daerah ini tidak akan lagi tergantung pasokan BBM dari Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan sehingga pertumbuhan industri dalam rangka percepatan pembangunan dapat terus meningkat.

(T.KR-MFH/F003)
COPYRIGHT © 2010