Senin, 08 Oktober 2012

Distamben Majene Banyak Warga Gunakan Kayu Bakar


Kamis, 26 Juli 2012 07:12 WITA | Sulbar


Majene, Sulbar (ANTARA News) - Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mengakui masih banyak warga di daerah itu menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar untuk memasak dan belum menggunakan gas elpiji sesuai perogram pemerintah.

"Saat ini, tercatat sekitar 40 persen rumah tangga di Majene masih menggunakan kayu bakar untuk memasak dari total penduduk sekitar 110 ribu jiwa. Hal itu harus diatasi untuk membiasakan warga menggunakan elpiji," kata Kepala Distamben Majene Ahmad Rafli Nur di Majene, Rabu.

Ahmad Rafli Nur

Dari 40 persen rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar, hampir seluruhnya merupakan warga menengah ke bawah, sehingga wajar jika selama ini mereka masih tetap bertahan menggunakan kayu bakar.

"Faktor lain yang menyebabkan mereka tetap menggunakan kayu bakar adalah belum mendapat jatah pembagian peket elpiji tiga kilogram yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu. Kendati pembagian paket elpiji sudah dilakukan dua tahap, namun masih banyak warga yang belum menerima," katanya.

Rafli mengatakan, warga tidak menerima pembagian tersebut akibat tidak masuk dalam pendataan sementara, sebagian besar dari mereka merupakan kalangan ekonomi menengah ke bawah atau layak menerima bantuan pemerintah melalui pembagian paket elpiji.

Selain itu, katanya, saat pendataan hingga pembagian paket elpiji dari pemerintah, sebagian warga masih kurang menyadari tentang keuntungan penggunaan elpiji, sehingga meskipun telah terdata namun ada di antara mereka belum menerima paket elpiji.

"Kami mengharapkan pemerintah pusat menerima usulan penambahan paket elpiji gratis untuk dibagikan kepada rumah tangga yang saat ini terpaksa masih menggunakan kayu bakar," ujarnya.

Menurut Rafli, Distamben juga telah melakukan sosialisasi kepada seluruh warga yang saat ini masih menggunakan kayu bakar agar beralih menggunakan elpiji, namun untuk merealisasikannya tetap harus diserahkan paket elpiji secara gratis.

Distamben yakin jika ada kuota tambahan dari pemerintah pusat untuk paket elpiji kepada warga yang masih menggunakan kayu bakar di Majene, pola warga menggunakan bahan bakar memasak seluruhnya akan digantikan dengn gas. (T.KR-AHN/E005)

COPYRIGHT © 2012