Senin, 08 Oktober 2012

Sulbar Bangun Depo Pertamina 10.000 Ton

Selasa, 25 Januari 2011 05:33 WITA | Sulbar
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun Depo Pertamina dengan kapasitas daya tampung sekitar 10.000 ton di Pelabuhan Belang Belang Mamuju, tahun 2011.

Kepala Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Haeruddin Anas, di Mamuju, Senin, mengatakan, pemerintah telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Depo tersebut sekitar dua hektare di sekitar areal Pelabuhan Belang Belang Mamuju dan lahan itu akan segera dibebaskan tahun ini karena saat ini masih berstatus milik masyarakat.

"Pihak Pertamina yang telah menyetujui pembangunan Depo itu dijadwalkan akan segera meninjau kelayakan areal yang akan dijadikan lokasi pembangunan Depo Pertamina di Pelabuhan Belang Belang Mamuju," katanya.

Menurut dia, pembangunan Depo Pertamina di Sulbar dilaksanakan dengan tujuan agar kebutuhan BBM di Provinsi Sulbar dapat terpenuhi secara lansung dan tidak lagi didistribusikan dari Depo Pertamina Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan. tetapi dapat didistribusi melalui Pelabuhan Belang Belang Mamuju.

"Selama ini BBM di Sulbar dipasok dari Depo Pertamina Pare-Pare yang jaraknya sekitar 300 kilometer dari Kota Mamuju, makanya Provinsi Sulbar bertekad membangun sendiri Depo Pertamina agar tidak lagi kewalahan memasok BBM dari Pare-Pare yang jaraknya jauh, dan kadang terlambat," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan Depo Pertamina itu dalam rangka memenuhi kebutuhan BBM terhadap sejumlah industri yang ada di pelabuhan Belang Belang Mamuju, selain itu untuk digunakan bagi industri yang ada di seluruh wilayah Provinsi Sulbar.

Selain itu, kata dia, juga untuk digunakan memenuhi kebutuhan BBM bagi sejumlah kendaraan yang menjadi sarana transportasi di Sulbar yang jumlahnya terus meningkat seiring dengan berkembangnya Provinsi Sulbar sebagai sebuah daerah otonom baru.

"Peningkatan BBM di Sulbar sekitar 4.000 persen berdasarkan data pajak kendaraan pada Dinas Pendapatan Daerah, sarana transportasi itu membutuhkan BBM yang harus dipenuhi pemerintah di Sulbar, yakni dengan membangun Depo Pertamina ini," katanya. (T.KR-MFH/F003)
COPYRIGHT © 2011