Rabu, 10 Oktober 2012

Harga Tabung Gas Elpiji Tiga Kilogram Rp12.750

Sabtu, 29 Januari 2011 23:14 WITA | Ekonomi



Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menetapkan harga eceran tertinggi untuk tabung gas elpiji tiga kilogram Rp12.700.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar, Agussalim Tamadjoe di Mamuju, Sabtu, mengatakan, Pemerintah di Sulbar menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk tabung gas elpiji tiga Kg sekitar Rp12.700.

    Agussalim Tamadjoe

Menurut dia, penetapan harga HET gas elpiji tiga Kg tersebut berdasarkan marjin keuntungan yang sebelumnya telah ditetapkan pemerintah untuk agen dan pangkalan tabung gas elpiji tiga Kg yang akan mendistribusikan gas untuk elpiji tiga Kg tersebut.

"Marjin yang telah ditetapkan pemerintah di Sulbar untuk tabung gas elpiji tiga Kg yang didistribusikan dari Depo Pertamina Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan ke Sulbar sekitar Rp1.200," katanya.

Ia mengatakan, keuntungan untuk agen dan pangkalan tersebut berdasarkan jarak antara Depo Pertamina ke Sulbar yang jaraknya sekitar 300 kilometer.

"Dari marjin yang ditetapkan itu juga sudah ditetapkan keuntungan untuk agen sekitar Rp300 untuk tiap tabung gas elpiji tiga Kg dan sekitar Rp900 untuk keuntungan bagi tiap pangkalan, jadi agen dan pangkalan tetap akan mendapatkan keuntungan dari penjualan elpijinya," katanya.

Menurut dia, masyarakat Sulbar akan segera menggunakan gas elpiji tiga kg setelah pemerintah pusat di bawah koordinasi Kementerian ESDM serta Direktorat Jenderal Minyak dan Gas melakukan program konversi minyak tanah ke elpiji.

Oleh karena itu, ia mengatakan, pemerintah juga menetapkan HET elpiji tiga Kg di Sulbar karena penyaluran elpiji tersebut akan dilakukan Februari 2011 atau bulan depan untuk digunakan masyarakat.

Menurut dia, warga masyarakat yang berhak menerima elpiji tiga kg sudah ditentukan berdasarkan kategori yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni mereka yang masih menggunakan minyak tanah untuk memasak, berpendapatan sekitar Rp1,5 juta per bulan, dan miskin, atau pelaku usaha kecil seperti pedagang kaki lima.

Sementara itu, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) di tiga kabupaten di Sulbar yang akan menjadi sasaran penerima elpiji tiga kg yakni Kabupaten Polman 66.488 KK, Kabupaten Mamuju 60.386 KK, dan Kabupaten Mamuju Utara 13.673 KK. (T.KR-MFH/F003)



COPYRIGHT © 2011