Rabu, 20 Februari 2013

Sulbar Bangun Depo Pertamina Senilai Rp180 Miliar

Minggu, 25 November 2012 07:28 WITA | Sulbar
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan anggaran untuk membangun Depo Pertamina senilai Rp180 miliar pada tahun 2013.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Ismail Zainuddin di Mamuju, Sabtu, mengatakan untuk mendukung pembangunan di Sulbar, pemerintah daerah akan membangun Depo Pertamina.

Ia mengatakan, Depo Pertamina yang akan dibangun pemerintah daerah berlokasi di areal Pelabuhan Belang Belang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Menurut dia, kebutuhan anggaran membangun Depo Pertamina itu mencapai Rp180 miliar yang bersumber dari APBN.

Sekda mengatakan, Depo Pertamina yang dibangun itu berkapasitas sekitar 10.000 ton dan lahan yang akan digunakan untuk pembangunannya telah disiapkan pemerintah seluas dua hektare.

"Pihak Pertamina telah menyetujui pembangunan depo setelah meninjau kelayakan areal yang akan dijadikan lokasi pembangunannya di Pelabuhan Belang Belang Mamuju," katanya.

Menurut dia, pembangunan Depo Pertamina di Sulbar bertujuan agar kebutuhan BBM di daerah ini terpenuhi.

"Depo tersebut dibangun bertujuan agar pasokan BBM yang dibutuhkan masyarakat maupun industri untuk pembangunan tidak lagi didistribusikan dari Depo Pertamina Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan seperti selama ini," katanya.

Dengan adanya depo tersebut Pertamina dapat langsung mendistribusikannya melalui Pelabuhan Belang Belang Mamuju yang jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dari Kota Mamuju.

"Selama ini BBM di Sulbar dipasok dari Depo Pertamina Pare-Pare yang jaraknya sekitar 300 kilometer dari Kota Mamuju, karena itu Provinsi Sulbar bertekad membangun sendiri Depo Pertamina agar tidak lagi kewalahan memasok BBM dari Pare-Pare yang jaraknya jauh, dan kadang terlambat," katanya. (T.KR-MFH/E005)


COPYRIGHT © 2012